Slider Background

Iklan Teks Google AdWords

Jumat, 01 April 2016

Iklan Teks Google AdWords

iklan teks google adwordsGoogle AdWords media periklanan di intenet untuk mengiklankan produk, usaha, atau kampanye anda dalam format apapun. Salah satunya adalah dalam bentuk teks atau tulisan. Iklan teks ini adalah iklan Google AdWords yang paling standar dan paling sering muncul pada halama hasil pencarian di Google.

Iklan teks umumnya berisi mengenai tautan yang ke situs web anda atau bahkan bisa juga berupa nomor telepon atau email, serta uraian dari konten situs anda dalam bahasa yang sederhana dan tepat.

Iklan tidak hanya tampil di halaman hasil pencarian Google tapi juga bisa tayang di semua jaringan Google, misalnya Youtube. Meskipun bisa terlihat berbeda formatnya di display network atau di selular.

Pengguna internet yang membaca iklan teks anda akan bisa mengetahui bahwa teks tersebut adalah iklan berbayar karena ditandai dengan bahasa tertentu. Semua penyetelan iklan dapat di lakukan di akun AdWords supaya iklan dapat tayang sesuai dengan keinginan kita sebagai pengiklan di Google AdWords.

Beberapa unsur yang terdapat pada iklan teks anda yang akan muncul adalah:
    • Iklan yang diawali dengan judul yang juga merupakan link atau tautan dari situs online anda dan dapat di klik oleh pengguna internet. 
      • Kemudian di bawahnya ada satu atau dua baris teks mengenai uraian dan alamat situs anda yang ditulis dengan warna hijau.

        Ketika anda pasang iklan di Google AdWords ada beberapa komponen yang menentukan kualitas iklan anda dan menjadikan keseluruhan iklan efektif untuk menarik pengguna untuk melakukan klik. Dengan memahami komponen ini anda akan memiliki panduan untuk mengkomposisi iklan teks yang berkualitas. Iklan berkualitas berdasarkan halaman yang relevan, angka mutu dan harga penawaran agar iklan dapat tayang di posisi 1-3.

        Judul adalah komponen pertama yang akan pertama kali dilihat oleh orang. Maka dari itu buatlah judul tautan yang mengandung kata kunci dan membuat orang tertarik untuk mengklik. Komponen yang kedua adalah URL tayangan yang akan ditandai dengan teks warna hijau pada iklan. URL ini adalah untuk menunjukkan pada pengguna halaman yang akan terbuka apabila tautan pada judul diklik. Uraian adalah komponen iklan AdWords yang memberikan informasi singkat mengenai bisnis maupun konten situs Anda.

        Untuk tampilan versi selular biasanya iklan AdWords akan memotong uraian baris kedua karena ruang iklan yang terbatas. Menulis iklan teks yang berkualitas adalah suatu kewajiban agar pengguna Google tergoda untuk mengklik iklan anda. Setelah anda menentukan konsumen seperti apa yang ditargetkan, langkah selanjutnya adalah membuat iklan teks di Google AdWords yang spesifik, relevan, dan juga menarik hingga banyak mendapatkan klik.

        Pasang iklan di Google AdWords akan lebih menguntungkan jika anda melakukan beberapa hal berikut ini:

        • Apa yang menjadi nilai tambah di bisnis anda dibandingkan bisnis lain. Cantumkan kelebihan tersebut dalam uraian iklan teks Anda.
        • Produk yang sedang ada promosi tentu lebih menarik bagi pengguna atau calon konsumen. Jika anda sedang mengadakan pesta diskon, gratis ongkos pengiriman, atau bonus lainnya, ini bisa jadi nilai lebih anda di mata konsumen.

        Katakan apa yang harus dilakukan oleh konsumen untuk bisa mendapatkan produk dari anda. Kata-kata ajakan misalnya seperti daftar sekarang, atau beli mumpung stok masih ada, dan sebagainya akan membantu konsumen dalam mengambil tindakan yang harus dilakukan. Iklan teks yang efektif adalah iklan yang relevan dengan kata kunci yang diketikkan.

        Oleh karena itu masukkan kata kunci target anda ke dalam judul atau deskripsi sehingga konsumen bisa lebih tertarik untuk mengklik iklan Anda. Kecocokan antara tautan di iklan teks dengan halaman yang dibuka tentu juga jadi faktor penting. Jika di iklan Anda menyebutkan ada promo diskon tapi ketika konsumen membuka halaman tautan dan tidak menemukan tanda-tanda adanya promo maka konsumen akan meninggalkan Anda. Tambahkan ekstensi iklan pada teks Anda misalnya alamat kantor atau toko, nomor telepon yang bisa dihubungi, dan sebagainya.

        Ini akan memberikan informasi yang jelas dan mudah didapat untuk yang melihat iklannya serta menunjukkan bahwa bisnis anda bukanlah bisnis fiktif. Selain itu pertimbangkan untuk membuat iklan pada versi selular juga karena iklan Google AdWords bisa terlihat berbeda di versi selular. Hindari kesalahan dalam menulis iklan yang bisa menurunkan kualitas iklan teks di Google AdWords. Beberapa kesalahan umum pada iklan teks adalah spasi yang lebih, kapitalisasi yang tidak beraturan, dan juga URL yang tidak jelas.

        « PREV
        NEXT »