Slider Background

Iklan Google Ads

Jumat, 01 April 2016

Iklan Google Ads


iklan-google-ads

Salah satu cara untuk membuat orang mengenal usaha yang kita miliki adalah dengan beriklan menggunakan Google Ads. Setiap harinya ada jutaan orang yang menggunakan Google untuk mencari sebuah informasi dengan kata kunci tertentu. Dengan bantuan Google Ads, Anda bisa mendapatkan konsumen sesuai dengan kata kunci yang kita bidik. Ketika pengguna Google mengetikkan kata kunci di kolom pencari iklan akan muncul di halaman pertama.

Pernahkah Anda memperhatikan situs-situs yang muncul di deretan paling atas atau bawah dan bertanda hijau ?. Ya betul situs tersebut adalah mereka yang memanfaatkan iklan Google Ads. Tentu orang akan lebih tertarik  untuk membuka situs dari urutan yang paling atas karena biasanya kontennya yang paling sesuai dengan apa yang di cari.

Anda juga bisa memperbesar peluang situs Anda untuk di kunjungi dan mendapatkan calon konsumen dengan memanfaatkan iklan Google Ads. Anda bisa mengkampanyekan iklan sesuai dengan target kata kunci dan menyaring konsumen yang tidak diinginkan.  Anda bahkan bisa menentukan jam tayang iklan, bahasa, serta di lokasi tertentu. Mudah dan efektif beriklan di Google Ads tersedia fitur dalam mengatur anggaran untuk beriklan. Karena besarnya biaya yang harus Anda bayarkan untuk iklan tergantung dari berapa biaya yang anda sediakan dan tergantung dari mekanisme klik dari pengguna.

Ada 3 faktor mekanisme klik yang di sesuaikan dengan kebutuhan atau kepentingan dari iklan Anda.

  • Bayar Per Klik di mana biaya akan dikenakan apabila pengguna mengklik url situs Anda, cara ini cocok bagi pemilik usaha yang ingin meningkatkan lalu lintas di situs Anda.
  • Bayar Per Tayangan yang cocok untuk memberikan kesadaran merek pada pengguna internet. 
  • Bayar Per Akusisi di mana Anda baru bayar iklan apabila ada tindakan yang dilakukan pengguna setelah mengklik iklan Anda. Misalnya dengan melakukan pembelian atau mendaftar menjadi anggota.

Kata kunci adalah kalimat atau frasa yang diketikkan oleh pengguna Google di mesin pencari untuk mencari sebuah informasi tertentu. Oleh karena itu agar iklan Anda bisa semakin banyak di lihat oleh orang pilihlah kata kunci yang sesuai dengan konten dari usaha Anda dan kira-kira akan banyak di ketikkan oleh orang. Sistem periklanan Google Ads nantinya akan memunculkan iklan Anda di halaman depan Google.

Apabila ada pengguna yang mengetikkan kata kunci yang sama atau yang serupa dengan kata kunci yang Anda tentukan. Jika masih bingung dengan kata kunci yang tepat anda bisa meminta bantuan dari agen Google Ads untuk memandu Anda memasang iklan di Google dan hal teknis lainnya. Cara kerja Google Ads adalah untuk menayangkan iklan dan posisinya adalah dengan cara melelang kata kuncinya. Lelang ini berlangsung dengan sangat cepat  yang berlangsung setiap ada orang yang menggunakan Google atau membuka situs dengan iklan dari Google Ads.

Beberapa faktor yang bisa membuat Anda menang lelang ini adalah:
  • Berapa besar biaya yang rela Anda keluarkan untuk beriklan mempengaruhi penilaian Google Ads. Tapi biasanya, besar biaya yang Anda bayar akan lebih sedikit ketimbang jumlah maksimal yang Anda tawarkan.
  • Google Ads akan melakukan penilaian apakah kata kunci yang ikut lelang relevan dengan iklan dan juga url situs yang ditautkannya. Kualitas iklan yang Anda pasang bisa ditingkatkan dengan mengikuti panduan dari angka mutu.
  • Anda bisa menambahkan nomor telepon atau email di iklan yang tayang di halaman pencarian Google untuk memudahkan pengguna langsung menghubungi bisnis anda dan melakukan interaksi. Nomor telepon dan tautan lainnya yang ada pada iklan disebut dengan eksistensi iklan yang akan dinilai keefektifannya pada kualitas atau kinerja iklan yang dipasang.

Ketiga faktor tersebut tidak berdiri sendiri-sendiri dan bukan berdasarkan prioritas, melainkan harus terpenuhi semuanya baru Anda bisa memenangkan lelang kata kunci untuk iklan Google Ads. Misalnya apabila kualitas dan eksistensi iklan Anda lebih bagus daripada orang yang bayar lebih mahal. Maka kesempatan Anda untuk menang lelang lebih besar di periklanan Google Ads
« PREV
NEXT »