Slider Background

Iklan Video Google Ads

Jumat, 01 April 2016

Iklan Video Google Ads

iklan video google adsGoogle Ads mulai tahun 2005 telah menyediakan layanan periklanan dalam bentuk video dari Youtube di mana iklan video Anda bisa disaksikan oleh jutaan pengguna Youtube setiap harinya atau ditampilkan di Display Network yang memutarkan video.

Cara beriklan dengan video ini disebut dengan TrueView di mana nantinya penonton video di Youtube akan menonton iklan Anda selama 30 detik jika durasi video lebih dari 30 detik. Jika durasi kurang dari 30 detik maka iklan akan dimainkan selama durasi video. Bagi penonton Youtube yang memilih untuk tidak menonton iklan, Ada tombol “lewati iklan” atau “skip ad” setelah iklan tayang beberapa detik.

Selain kelebihan pasang iklan video di Google Ads yang bisa melibatkan jutaan pemirsa Youtube. Ada lagi beberapa manfaat dan hal-hal yang mesti Anda tahu mengenai TrueView ini. Menjangkau pemirsa yang tepat dengan membuat iklan Google Ads dalam bentuk video. Anda bisa menjangkau target pasar yang lebih spesifik dan memiliki ketertarikan dengan konten iklan Anda. Misalnya target konsumen Anda adalah pria muda yang baru meniti karir di usia pertengahan 20. Maka iklan Anda akan ditayangkan di video-video yang memiliki demografi yang sesuai dengan target pasar Anda. Dengan begitu Anda tidak perlu menghabiskan uang untuk memasang iklan untuk dilihat orang yang jelas tidak tertarik dengan bisnis dan di luar target pasar Anda.

Google Ads TrueView tidak hanya menyediakan lahan untuk beriklan secara efektif namun juga bisa membantu Anda mengukur seberapa efektifnya penayangan iklan yang Anda unggah ke akun Ads. Dengan memeriksa akun Anda, Anda bisa melacak detail penayangan iklan dan juga biaya anggaran yang dihabiskan. Kemudian untuk melihat ada berapa orang yang menonton iklan tayangan Anda, dari akun Youtube masuklah ke tab “Analytics” untuk mempelajari pemirsa iklan Anda. Di sana Anda juga bisa melihat sampai detik ke berapa orang mau menonton iklan yang anda unggah.

Google Ads menyediakan beberapa format pengiklanan video yang dapat Anda pilih sesuai dengan target iklan Anda. Format iklan ini juga memberikan pilihan kepada permirsa Youtube maupun Display Network lainnya mengenai iklan apa yang ingin dilihat dan kapan mereka ingin melihatnya.

Format iklan video TrueView di Google Ads adalah sebagai berikut:
  • TrueView dalam-aliran. Format ini memberikan opsi kepada penayangan iklan apakah mau sebelum, selama, maupun sesudah dimainkannya video di Youtube maupun situs penayang game, aplikasi dan Display Network lainnya. Anda sebagai pengunggah iklan akan dikenakan biaya iklan apabila pemirsa menonton iklan selama 30 detik (atau kurang dari durasi tersebut bila video kurang dari 30 detik), atau jika ada interaksi dari pemirsa misalnya melakukan klik.
  • TrueView dalam-tampilan. Format ini digunakan bagi Anda yang ingin beriklan di video dan muncul ketika pemirsa menelusuri video-video di Youtube maupun di seluruh situs dengan kata kunci tertentu. Biaya akan dikenakan kepada Anda sebagai pengiklan ketika ada pemirsa yang membuka tautan Anda dan menonton video iklan. Format iklan ini bisa tampil di samping video Youtube, dari hasil penelusuran Youtube, maupun di situs-situs Google Display Network.
CPV adalah biaya per tampilan rata-rata yang di bayarkan oleh pengiklan Ads untuk TrueView yang pengiklan satu dengan lainnya bisa berbeda. Fluktuasi biaya ini berdasarkan durasi video, kualitas materi, dinamika lelang, dan juga penargetan pasar.

Agar CPV yang Anda bayarkan bisa maksimal, berikut adalah beberapa triknya:
  • Evaluasi rasio tampilan. Rasio tampilan adalah perbandingan yang didapatkan dari jumlah total tampilan video dengan jumlah orang yang menerima iklan video tersebut. Semakin tinggi angka perbandingan rasio ini maka semakin baik pula kesehatan video iklan Anda karena artinya semakin banyak pemirsa yang terlibat dengan iklan video Anda. Video iklan adwords dengan rasio tampilan yang tinggi cenderung akan memenangkan lelang dan membayar CPV lebih rendah.
  • Evaluasi rasio klik tayang. Selain rasio tampilan, nilai rasio klik tayang juga menentukan kualitas dari iklan Google Ads TrueView yang Anda pasang. Rasio klik tayang adalah perbandingan dari jumlah klik pada video dengan jumlah pemirsa yang menerima iklan video tersebut. Semakin tinggi rasio maka bisa menunjukkan seberapa tertariknya pemirsa dengan iklan dan pesan video Anda.
« PREV
NEXT »